Maandag 08 April 2013

kuliner

Makanan Khas Pontianak, Aneka Cemilan dan Oleh-Oleh Khas Kalimantan Barat


Pontianak selama ini memang terkenal dengan olahan dari aloeveranya. Selain sebagai penghasil aloevera terbesar di Indonesia merupakan penghasil aloevera terbaik. Karena tanah di Pontianak memungkinkan untuk pertumbuhan aloevera dengan subur. Apa-apa saja sih sebenarnya makanan khas yang ada di Pontianak, Kalimantan Barat? Tentu saja bisa dijadikan oleh-oleh saat pulang kampung.

1.      Dodol Aloevera
Dodol aloevera sendiri serupa dengan dodol pada umumnya. Perbedaannya hanya bahan baku dan tekstur dari dodol itu. Dodol dari aloevera sedikit berserat. Rasanya lebih segar dan tidak bikin eneg.
 
Harga satu pack seperti gambar di atas Rp25.000.
2.      Teh Aloevera
Penyuka teh juga bisa mencoba teh yang satu ini. Teh istimewa yang baik buat meningkatkan kesehatan tubuh. Teh aloevera.
 
Harga satu kotak isi 12x2gram Rp12.000.

3.      Kerupuk Aloevera Aneka Rasa
Suka kerupuk? Tentu saja kerupuk aloevera ini akan cocok di lidah anda. Rasa yang ditawarkan ada udang, balado, dan masih banyak lagi. Bahan bakunya juga dari aloevera.
 
Harga Rp18.000/kotak 200gram.

4.      Kerupuk Panggang Aloevera
Tidak suka dengan kerupuk menrah yang harus digoreng? Ada kerupuk panggang yang siap makan dari aloevera. Diameter kerupuknya sekitar 10cm. Tidak mengandung lemak dan renyah. Harganya Rp17.500/bungkus (1 bungkus isinya sekitar 5 kerupuk bundar)
5.      Jelly Aloevera
Anak-anak pasti suka dengan jelly, jelly yang terbuat dari aloevera tentunya menyehatkan. Bisa dijadikan cemilan keluarga sambil nonton televisi.
 
Harga Rp25.000/kotak.
6.      Minuman Aloevera
Terbiasa minum nata de coco? Sekali-kali perlu mencoba minuman yang mirip dengan nata de coco. Minuman dari aloevera. Aloevera yang renyah dengan air sirup aneka rasa. Ada rasa leci, jeruk, dan original yang bisa ditambah sirup untuk memberikan rasa yang lain. Tambahkan sedikit es, cocok diminum saat berbuka puasa.
 
Harga 1 kotak (isi 20 bungkus) Rp45.000.
7.      Cokelat Aloevera
Suka cokelat? Pilih cokelat dari aloevera saja. Harganya Rp25.000/kotak.
Selain olahan dari aloevera makanan khas Pontianak yang banyak dijual di pasaran adalah:
8.      Lempok Durian


Lempok durian adalah dodol paling enak sedunia (menurut saya dan teman saya, kwa kwa kwa). Soalnya saya suka durian, banget! Lempok durian sebenarnya dodol seperti pada umumnya, tetapi bahan baku utamanya ya durian. Selain dibuat lempok, durian juga biasa difermentasikan menjadi tempoyak. Nanti saya cerita soal tempoyak dan cara membuat termasuk memasaknya.
 
Harganya Rp75.000/600gram. Satu bungkus (600gram) isi 5 batang lempok seukuran 2,5cm lebarnya, panjangnya sekitar 7cm).
9.      Stik Keladi
Nah ini juga istimewa dan hanya ada di Kalimantan Barat. Stik keladi sebenarnya panganan dari talas (bahasa Pontianaknya keladi) yang dibuat seperti stik kemudian digoreng dan dibumbui. Pilihan rasanya ada lima, original, balado, keju, ayam bawang, dan barbeque.
 
Harganya Rp90.000/kg untuk original. Pilihan rasa tambahan Rp100.000/kg.
10. Amplang
Ini makanan khas juga, bukan dari Pontianak, tetapi dari Ketapang. Masih Kalimantan Barat kok. Kerupuk berbentuk bantal mini yang terbuat dari ikan belidak.
 
Harga bervariasi bergantung ukuran.
11. Aneka Dodol
Di Pontianak selain dodol dari durian juga ada dodol yang terbuat dari ubi, labu, dan banyak buah lainnya. 

Kalau dodol aneka rasa biasanya satu batang sekitar 300-400 gram harganya Rp25.000.
Pernah dengar makanan yang satu ini? Ini makanan khas yang muncul paling banyak saat bulan puasa. Bahkan di sepanjang Jalan Merdeka, bisa macet gara-gara banyaknya pedagang yang menggelar dagangan di pinggir jalan dan menyediakan lesehan seadanya. Soalnya kendaraan pembeli akan diparkir di badan jalan.
 
Harga bervariasi bergantung ukuran. Bagaimana? Sudah makan sotong pangkong hari ini.
13. Kerupuk Basah
Ini makanan khas daerah hulu Kalimantan Barat. Ini mirip dengan empek-empek. Terbuat dari ikan belidak (resep aslinya). Dibuat adonan seperti kerupuk tetapi saat adonan sudah dikukus, adonannya tidak dipotong-potong dan dijemur, melainkan langsung dimakan dengan sambal kacang yang pedas.

 
Harga bervariasi bergantung ukuran, sudah termasuk sambal kacang.

Sebenarnya masih banyak makanan khas yang ada di Kalimantan Barat. Setidaknya makanan di atas adalah makanan yang paling terkenal dan banyak diperjualbelikan di pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Kalimantan Barat. Selain makanan pusat perbelanjaan oleh-oleh Kalimantan Barat juga menyediakan miniatur Tugu Khatulistiwa dan mandau. Suka dengan pakaian? Ada juga batik khas Kalimantan Barat, batik motif insang.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking